Jumat, 18 Juni 2010

Blengong Goreng, Makanan khas Brebes Perpaduan antara Itik dan Entog



Blengong goreng adalah salah satu jenis spesies perkawinan antara itik dan entog yang diolah atau digoreng, kemudian disajikan beserta sambal dan lalapan dan nasi panas. Sajian makanan dari unggas ini hanya terdapat di daerah Lemba Rawa Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Rumah makan khusus menjual belengon goreng yang juga merangkap tempat tinggal ini terletak jauh dari pusat keramaian Brebes di daerah Lemba Rawa. Meskipun demikian sebelum tempat makan Blengon goreng ini buka pada jam 13:00 WIB siang , para pengunjung telah berdatangan dan menunggu daging Blengon potong yang masih di potong-potong dan direbus tersebut.

Selain selalu dikunjungi oleh para pegawai negeri pemerintahan daerah Kabupaten Brebes, rumah makan Blengong goreng ini terkadang juga dikunjungi oleh Bupati Kabupaten Brebes pada saat makan siang.

Blengong Goreng disajikan bersama lalapan; sambal dan nasi panas, sajian blengong ini dihidangan bersama teh poci panas yang merupakan ciri khas daerah Brebes dan sekitarnya. Selain terkenal dengan daerah penghasil bawang merah, kabupaten Brebes juga terkenal akan telur bebek asin dan daging blengon ini yang dimasak gulai sate serta digoreng bumbu.


Sumber:
http://www.kotahujan.com/2009/10/blengong-goreng-makanan-khas-brebes.html
18 Juni 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar