Jumat, 18 Juni 2010

Wisata Kabupaten Brebes


Kabupaten ini selalu dikaitkan dengan komoditas bawang merah dan telur asin. Memang Brebes merupakan pemasok utama kedua komoditas tersebut ke seluruh pelosok Nusantara dan tak jarang pengun- jung yang melintas ke kota Brebes, membeli produk ini sebabuah tangan.

Kabupaten Brebes memiliki beberapa tujuan wisata yang cukup menarik, beberapa diantaranya adalah :

1. Pantai Randusanga Indah

Berlokasi di Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes yakni sekitar 7 km dari jalan raya Pantura kota Brebes. Di sepanjang jalan menuju pantai Randusanga akan banyak ditemui perkebunan bawang merah yang terhampar luas, sedangkan mendekati lokasi pantai, akan banyak di temui tambak- tambak yang umumnya di-gunakan untuk budidaya bandeng dan rumput laut.

Di lokasi pantainya sendiri akan di-jumpai panorarama pantai yang masih alami disertai fasilitas mainan anak, mandi laut, panggung gembira, arena balap motor (grass track), camping ground, kafe dan rumah makan khas ikan laut bakar serta kios-kios yang menjual oleh-oleh khas Brebes berupa telur asin dan ba- wang merah. Menjelang senja hari, para pengunjung dapat menikmati indah- nya panorama terbenamnya matahari di cakrawala pantai Randu- sanga.

2. Waduk Malahayu

Obyek wisata ini terletak di desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, kurang lebih 6 Km dari Banjarharjo atau sekitar 17 Km dari pertigaan Tanjung di lintas Pantura. Waduk ini dibangun pada tahun 1930 oleh Belanda dengan luas sekitar 944 hektar. Obyek wisata ini dikelilingi dengan panorama alam pegunungan dan hutan jati yang luas yang bisa digunakan sebagai bumi perkemahan atau wana wisata. Di sekitar waduk juga terdapat rumah makan sederhana dengan hidangan khas ikan mujair goreng yang diperoleh dari waduk. Pengunjung bisa menikmati hidangan ini sambil merasakan semilirnya angin dan panorama waduk. Konon ada mitos yang hidup di kalangan masyarakat di sekitar waduk yakni pasangan pengantin baru sebaiknya cuci muka menggunakan air waduk.

Hal ini dipercaya bisa membuat mahligai rumahtangganya jadi langgeng. Oleh sebab itu, setiap kali ada pengantin baru, mesti menyisihkan waktu untuk mengunjungi waduk. Uniknya kunjungan tersebut dilakukan dengan menggunakan pakaian pengantin lengkap diiringi dengan puluhan bahkan ratusan pengiring. Upacara ini disamping dipercaya untuk kelanggengan pasangan pengantin juga sebagai upacara tolak bala. Fasilitas yang tersedia di sana antara lain adalah kolam renang anak, tempat bermain anak, perahu becak, perahu pesiar, panggung terbuka dan tempat parkir yang cukup luas. Setiap hari raya Idul Fitri, ada acara Pekan Wisata Idul Fitri yang diantaranya diisi dengan musik dangdut. Pada momen-momen tertentu juga ada acara balap perahu, lomba mancing dan lain-lain.

3. Agrowisata

Agrowisata ini berupa perkebunan teh Kaligua milik PTP Nusantara IX yang luasnya sekitar 779 hektar. Terletak di lereng Gunung Slamet pada ketinggian 1.500 meter dari permukaan air laut. Lokasi tepatnya adalah di Dusun Kaligua, Desa Pandansari,Kecamatan Paguyangan, Brebes. Kebun teh Kaligua didirikan pada tahun 1899 oleh Cultuure Ondeneming di negeri Belanda. Untuk perwakilan Indonesia ditunjuk Fan John Pletnu & Co yang berkedudukan di Jakarta. Pada tahun 1942, per-kebunan ini diambil alih oleh Jepang, maka tidak heran jika di sekitar loka lsi terdapat goa Jepang, tepatnya di blok Sirah 1 yang berjarak sekitar 1 km dari kantor Pusat Kebun Kaligua. Produk perkebunan teh Kaligua berupa teh hitam yang 90%nya diekspor dan 10% nya untuk pasar lokal. Lokasi wisata ini tepat sekali untuk tempat beristirahat melepas lelah atau bersama keluarga berjalan-jalan di sekitar kebun menikmati udara pegunungan yang segar dan bebas polusi

Makanan Khas Brebes :

1. Telur asin

Telur asin Brebes sangat terkenal khususnya di pulau Jawa. Dibuat dari telur itik yang dibubuhi arang merangyang telah diberi garam. Setelah beberapa hari, garam akan meresap melalui dinding kulit telur. Ada dua macam telur asin sesuai dengan cara prosesnya, yakni telur asin yang dimasak dengan cara di panggang dan telur asin yang direbus. Telur asin panggang lebih mahal dan lebih tahan lama. Produk telur asin ini bisa didapatkan di sepanjang jalur Pantura di kota Brebes.

2. Tape ketan daun jambu

Tape yang terbuat dari beras ketan (biasanya berwarna hijau) dan dikemas dengan menggunakan daun jambu, sehingga menambah aroma dan rasa.

3. Teh Poci Wasgitel

Wasgitel adalah kependekan dari wangi, sepet, legi dan kentel. Ini adalah minuman khas Kabupaten Brebes dan Tegal dimana penyajiannya denga menggunakan poci dan cangkir yang terbuat dari tanah liat. Dihidangkan dalam keadaan panas dengan pemanis berupa gula batu.

4. Sate Blengong

Sate ini terbuat dari daging blengong (sejenis itik) yang biasanya dimakan dengan ketupat.

5. Nasi Lengko

Paket sarapan pagi yang terdiri dari nasi, Ketimun, tahu, tauge, emping, sambal kacang dan kecap.


Sumber:
http://www.sapta-mitra-pantura.com/index.php?option=com_content&task=view&id=59
18 Juni 2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar