Jumat, 18 Juni 2010

Pecel Belut Khas Brebes, Jawa Tengah

Pesona Indonesia dalam edisi kuliner mencoba cita rasa Pecel Belut khas Brebes, Jawa Tengah. Mencoba cita rasa Pecel yang terdiri dari aneka sayuran, seperti kacang panjang, bayam, tauge yang disiram dengan bumbu kacang (Kacang tanah goreng yang telah dihaluskan bersama dengan garam, sedikit gula, cabe rawit dan cabe merah). Umumnya pecel disajikan bersama dengan lontong atau ketupat. Lain halnya dengan di Brebes, Jawa Barat, Pecel disajikan bersama dengan beberapa potong Belut goreng

Kalau anda berkunjung ke Brebes, Jawa tengah...........Anda dapat memilih berbagai alternatif transportasi dari kotaJakarta. Pertama, menggunakan mobil pribadi atau bus umum dari arah Jakarta menuju Brebes dengan waktu tempuh sekitar 6 jam. Kedua, Anda dapat memilih menggunakan kereta api dari stasiun Gambir, Jakarta. Jarak tempuh menuju Brebes kurang lebih 5 jam perjalanan. Walaupun perjalanan dari Jakarta menuju Brebes relatif jauh, rasa jenuh tak akan menyertai petualangan Anda. Karena di sepanjang jalan, Anda akan melihat hamparan sawah yang relatif luas. Tidak hanya itu, di sepanjang jalur Pantai Utara, tepatnya di sepanjang jalan utama daerah Cirebon, Anda juga akan melihat deretan tambak udang. Tak lama kemudian.......Anda akan melihat deretan penjual telur asin. Telur bebek yang telah direndam dengan menggunakan garam di dalam tanah liat, abu, dan pasir. Di antara deretan penjual telur asin itulah, anda telah sampai dilokasi Brebes. Itulah yang membuat banyak orang mengatakan, Brebes identik dengan telur asin.






Untuk menikmati Pecel Belut, di Brebes, Anda dapat menemukan menu Pecel Belut di hampir setiap warung makan. Keistimewaan Pecel Belut dapat Anda temukan, ketika Anda memesan 1 porsi Pecel Belut.


Ada warung makan yang menyajikan Belut dalam keadaan telah digoreng dan dipotong menjadi beberapa bagian. Terkadang, ada juga warung yang memperbolehkan Anda memilih seekor Belut sesuai selera. Dalam keadaan masih hidup, Belut diletakkan di dalam sebuah wadah dan bebas untuk dipilih. Setelah Anda memilih 1 diantaranya, barulah Belut dicuci dengan air tanah hingga bersih. Supaya Belut tidak berbau amis, seluruh bagian tubuh Belut dilumuri dengan berbagai macam bumbu. Seperti garam, kunir, jahe, cabe merah dan bawang putih. Setelah bumbu meresap, barulah digoreng hingga matang. Kemudian dipotong menjadi beberapa bagian.

Jika dilihat secara sekilas........pembuatan menu Pecel Belut memang relatif mudah. Namun..........tidak semua orang dapat mengolah Belut. Sebelum diberi bumbu, Belut harus dicuci hingga bersih. Jika tidak, lendir dan bau amis akan tetap menempel. Sesuai dengan namanya, ketika Pecel Belut hendak disajikan, potongan Belut terlebih dahulu dicampur dengan bumbu pecel lengkap dengan aneka sayuran.

engan harga berkisar 12 ribu rupiah untuk 1 porsi, kenikmatan rasa gurih Belut serta lezatnya bumbu pecel dapat Anda rasakan. Tak hanya itu, Anda juga dapat memilih. Menikmati Pecel Belut dengan sepiring nasi atau lontong. Atau justru ingin menikmati Pecel Belut sebagai makanan ringan. Untuk mengetahui bagaimana rasa Pecel Belut, berikut pendapat salah seorang pecinta kuliner Pecel Belut, Rudi.


Sumber:
http://id.voi.co.id/fitur/voi-pesona-indonesia/341-pecel-belut-khas-brebes-jawa-tengah.html
18 Juni 2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar