Jumat, 18 Juni 2010

Telur Asin, Oleh-oleh Khas Brebes


etiap hari, ratusan telor dihasilkan dari peternakan bebek Adem Ayem milik Darmojo di daerah Brebes, Jawa Tengah. Hasilnya cukup banyak, lebih dari 1.000 telur. Kepada Liputan 6 SCTV, Selasa (18/5), Darmojo mengaku sebagian telur dijual ke pedagang dan sisanya dibuat telur asin.

Darmojo sengaja menyisakan sebagian untuk dibuat telur asin yang dipesan pelanggan tetapnya dari Jakarta. Agar telurnya enak, pengasinan menggunakan bata merah yang ditumbuk serta diberi garam. Supaya balutan bubur batu bata tidak retak, ditaburi abu sekam. Darmojo pun menjamin telor asin bikinannya enak.

Selain ternakan, ada juga bebek pangon, yaitu bebek yang hidupnya dilepas tidak di kandang. Bebek-bebek ini dibiarkan mencari makanan sendiri di sungai maupun sawah. Sesekali pemilik bebek memberi tambahan makanan berupa dedak yang ditambah campuran ikan cincang. Biasanya, bebek pangon hanya berkisar puluhan hingga seratusan saja. Namun, telur dari bebek ini berwarna lebih kuning dan mahal.

Di Brebes, Anda bisa memilih telur asin yang rebus atau panggang. Mau yang pangon atau ternakan. Kebanyakan pembeli maunya yang pangon karena warnanya kuning dan masing.(BOG)


Sumber:
Sugiartono dan Anambo Tono
http://berita.liputan6.com/daerah/201005/277650/Telur.Asin.Oleh.oleh.Khas.Brebes
18 Juni 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar