Jumat, 18 Juni 2010

Brebes Berupaya Mendongkrak IPM

K
abupaten Brebes, menyandang tingkat IPM yang paling rendah di Jawa Tengah (rangking 35 dari 35 kabupaten/ kota yang ada). IPM, merupakan gabungan dari komponen-komponen angka harapan hidup, angka melek huruf, rata-rata lama sekolah dan tingkat daya beli masyarakat. Pada pelaksanaan Semiloka Bazar PJM di Brebes, Syaefudin, S.Ag dari BKM Sejahtera Desa Pemaron mewakili masyarakat memaparkan bahwa program-program yang disampaikan disusun berdasarkan kajian yang dilakukan oleh masyarakat sendiri terhadap wilayahnya, dimulai dari penentuan kriteria kemiskinan yang ada, pemetaan swadaya terhadap kondisi dan potensi yang dimiliki hingga penyusunan Tim Perencanaan Partisipatif untuk menyusun PJM Pronangkis. ”Masyarakat berharap adanya dukungan dari pemerintah daerah untuk mewujudkan PJM yang telah disusun untuk peningkatan tingkat kesejahteraan masyarakat.” demikian tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Mudhofir, dari TKPK (Tim Koordinasi Pananggulangan Kemiskinan) Kabupaten Brebes mengatakan, ”Berdasarkan data BPS di Kabupaten Brebes pada tahun 2006 terdapat sekitar 226 ribu KK miskin dari total penduduk”. Sebanyak 50 % lebih penduduk di Kabupaten Brebes termasuk katagori miskin, untuk itulah dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin, Pemerintah Kabupaten Brebes mengalokasikan dana untuk program penanggulangan kemiskinan. Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp 700 M, yang diantaranya telah dialokasikan sebesar Rp 147 M untuk penanggulangan kemiskinan di segala aspek dan segala bidang melalui SKPD-SKPD yang ada.

Lebih lanjut, Pemerintah daerah Brebes berharap agar masyarakat agar bisa memanfaatkan potensi lokal dan pribadi untuk meningkatkan taraf kehidupannya. Hal yang sama juga disampaikan Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Brebes agar masyarakat menumbuhkan semangat kewirausahaan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan karena sebenarnya semua potensi yang ada disekitar kita dapat dimanfaatkan untuk modal usaha. Idea Riseta Permanasari selaku Koordinator PNPM P2KP Kabupaten Brebes menambahkan bahwa seluruh program yang disusun oleh BKM pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan IPM masyarakat sehingga diharapkan dukungan dari semua pihak yang peduli untuk menyukseskannya.



Sumber :
http://www.kmwjateng.net/umum/brebes-berupaya-mendongkrak-ipm
18 Juni 2010

(Swara Mandiri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar